TUTORIAL

Cara Install XAMPP Web Server di Windows

Dalam kesempatan kali ini kita akan belajar bersama tentang cara install XAMPP di Windows, untuk menjalankan skrip PHP dibutuhkan Server Apache, biasanya para developer PHP juga menggunakan MySQL sebagai database, kedua perangkat ini bisa dipakai tanpa dipunggut biaya alias gratis.

Sungguh akan merepotkan jika kita harus meng-install satu-satu, belum lagi kita harus install software pengelola database MySQL seperti phpMyAdmin. Untuk mengurangi masalah tersebut dibuatlah XAMPP yang merupakan suatu paket server yang tergolong sangat lengkap. Apa itu XAMPP? Apa saja yang terkandung dalam XAMPP? Mari kita bahas sedikit mengenai XAMPP sebelum kita meng-install nya.

Pengertian XAMPP dan Kepanjangan XAMPP

XAMPP merupakan singkatan dari Cross-Platform (X), Apache (A), MySQL (M), PHP (P) dan Perl (P). XAMPP dibuat selengkap itu dengan tujuan memudahkan bagi para pengembang untuk membuat web server lokal untuk tujuan pengujian.

XAMPP menyediakan semua yang kita butuhkan untuk membuat sebuah web server – server aplikasi (Apache), database (MySQL), dan bahasa scripting (PHP). XAMPP juga cross-platform, yang berarti bisa bekerja sama dengan baik di Linux, Mac dan Windows.

Karena sebagian besar penyebaran web server yang sebenarnya (secara online) menggunakan komponen yang sama seperti XAMPP, sehingga membuat transisi dari server lokal ke server online sangat mudah.

Download XAMPP untuk Windows

Dalam tutorial ini menggunakan XAMPP Windows versi 1.8.2, mungkin sekarang sudah ada update terbaru dari XAMPP. Jika anda menemukan XAMPP versi terbaru dari yang versi yang digunakan pada tutorial ini, anda masih bisa mengikuti tutorial ini karena setahu saya cara install XAMPP dari versi ke versi tidak ada perubahan yang mencolok.

XAMPP tersedia dalam tiga format file:

EXE , .7z – File 7zip, ZIP – Compressed file zip. Dari ketiga format tersebut, yang paling mudah untuk diinstall adalah yang format EXE, karena itu dalam tutorial ini akan menggunakan format EXE.

Jika Anda ingin men-download yang versi 1.8.2, Anda dapat men-download instaler XAMPP versi tersebut dengan mengunjungi url download dibawah ini (Ukuran 102MB).

“http://download.s32cdn.com/20/198081/858013/xamppwin321.8.20VC9installer.exe”

Atau anda ingin men-download yang versi terbaru dengan mengunjungi url halaman:

https://www.apachefriends.org/download.html

Cara Install XAMPP di Windows

Ikuti langkah-langkah untuk menginstall XAMPP dibawah ini:

Langkah 1: Non-aktifkan anti-virus karena dapat menyebabkan beberapa komponen XAMPP tidak bisa di Install dengan lancar.

Langkah 2: Untuk pengguna Windows 7, Anda akan melihat jendela pop up, peringatan tentang User Account Control (UAC) yang aktif pada sistem. Klik “OK” untuk melanjutkan instalasi.

 

 

Langkah 3: Mulai proses instalasi dengan klik dua kali pada instaler XAMPP. Klik ‘Next’ setelah splash screen.

 

 

Langkah 4: Di sini, kita dapat memilih komponen yang ingin kita instal. Pilih pilihan default dan klik ‘Next’.

 

 

Langkah 5: Pilih folder sebagai tempat XAMPP akan diinstal, di folder ini akan menampung semua file aplikasi web kita, jadi pastikan untuk memilih drive yang memiliki banyak ruang(space).

 

 

Langkah 6: Layar berikutnya adalah promo untuk BitNami, sebuah toko aplikasi untuk server perangkat lunak. Hapus kotak centang ‘Learn more about BitNami for XAMPP’.

 

 

Langkah 7: Sekarang Setup sudah siap untuk menginstall XAMPP. Klik Next dan tunggu instaler untuk membongkar paket-nya dan memasang komponen yang dipilih. Mungkin memakan waktu beberapa menit. Nanti mungkin kita akan diminta untuk menyetujui akses Firewall untuk komponen tertentu (seperti Apache) selama proses instalasi.

Langkah 8: Proses Install sudah selesai! Pilih Kotak centang ‘Do you want to start the Control Panel now?’ untuk membuka panel kontrol XAMPP.

 

 

Cara menggunakan XAMPP Control Panel

XAMPP control panel memberi kita kontrol penuh atas semua komponen XAMPP yang telah di Install. Kita dapat menggunakan Control Panel untuk memulai / menghentikan modul yang berbeda, meluncurkan Unix shell, membuka Windows explorer sampai melihat semua operasi yang sedang berjalan di balik layar.

Berikut ini adalah gambaran singkat dari Control Panel. Untuk saat ini, kita hanya perlu tahu bagaimana untuk memulai dan menghentikan server Apache.

 

 

Keterangan dari nomor-nomor diatas adalah:

  • Nomor 1. Tempat Log semua aktifitas
  • Nomor 2. Alat untuk kontrol module XAMPP
  • Nomor 3. Menampilkan service yang sedang berjalan dibalik layar
  • Nomor 4. Membuka windows explorer
  • Nomor 5. Membuka Unix Shell
  • Nomor 6. Menampilkan semua proses dalam server
  • Nomor 7. Membuka panel konfigurasi

Uji Coba Hasil Instal XAMPP

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menguji instalasi XAMPP kita dengan meluncurkan web server Apache dan membuat file PHP sederhana.

Langkah 1: Di control panel XAMPP, klik tombol ‘Start’ di bawah tulisan ‘Actions’ untuk modul Apache. Hal ini menginstruksikan XAMPP untuk memulai webserver Apache.

Langkah 2: Buka browser web dan pada address bar ketik: http://localhost atau 127.0.0.1.

Langkah 3: Pilih bahasa Anda dari splash screen.

 

 

Langkah 4: Kita akan melihat layar berikut. Ini berarti kita telah berhasil menginstall XAMPP di komputer kita.

 

 

Langkah 5: Sekarang kita akan menguji apakah komponen PHP di XAMPP telah ter-Install dengan baik. Untuk melakukan hal ini, jalankan Notepad dan ketik berikut ke dalam dokumen baru:

 

 

Simpan file ini sebagai ‘test.php’ di c:\ xampp\htdocs\ (atau direktori dimana Anda menginstal XAMPP).

Langkah 6: Arahkan halaman browser ke localhost / test.php. Jika berhasil dalam halaman browser akan menampilkan pesan atau tulisan “Halo dunia”.

Selamat! Kita sekarang telah berhasil menginstal XAMPP dan bahkan kita juga menulis program PHP pertama. Kita sekarang dapat menggunakan webserver Apache lokal untuk membuat dan menguji aplikasi PHP, bermain dengan MySQL dan bahkan belajar bagaimana sebenarnya web server bekerja dengan Tomcat, FileZilla, OpenSSL, dan banyak lagi.

Itulah tutorial Cara Install XAMPP Web Server di Windows. Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau hal lain yang berkaitan dengan tutorial diatas, silahkan anda sampaikan melalui kolom komentar dibawah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s